Tips Memberi Makan Batita pada Masa Mpasi

Mpasi merupakan masa-masa penting bagi si kecil untuk membangun kebiasaan yang baik hingga ia dewasa nanti. Dalam hal ini orang tua memegang peran penting dalam mengenalkan berbagai macam makanan sehat yang bergizi tinggi dan mengetahui makanan kesukaan atau makanan yang membuat si kecil alergi. Selain itu, masa ini merupakan kesempatan bagi orang tua untuk membiasakan si kecil dengan pola makan teratur. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Memberi Makan Si Kecil pada Masa Mpasi

Orang tua harus memahami tips memberi makan si kecil pada masa pengenalan Makanan Pendamping ASI. Berikut ini penjelasannya.

  1. Biarkan Si Kecil Mengenal Makanannya

Saat baru memasuki masa Mpasi (Makanan Pendamping ASI), si kecil akan cenderung menikmati makanannya. Ia masih excited dan penasaran dengan apa yang dimakan, pada masa ini cobalah beberapa jenis makanan agar si kecil dapat mengenal satu per satu.

Namun, setelah memasuki umur 2 tahun si kecil akan mulai pilih-pilih soal makanan. Si kecil juga suka memegang makanannya, bermain-main dengan makanan dan membuat berantakan. Orang tua tidak perlu khawatir karena saat ini si kecil sedang belajar mengenal jenis, rasa dan tekstur makanannya.

  1. Ketahui Alergi atau Kemungkinan Alergi

Orang tua perlu konsultasi dengan dokter mengenai alergi atau kemungkinan alergi pada makanan tertentu. Bisa jadi alergi makanan orang tua juga dirasakan oleh si kecil. Makanan yang biasanya memicu alergi contohnya telur, ikan dan kacang-kacangan.

  1. Bangun Kebiasaan Pola Makan Teratur

Meski masih kecil dan belum mengerti tentang pola makan, orang tua tetap bisa mengajarkan pola makan teratur pada si kecil. Caranya bukan dengan memberi tahu, karena si kecil belum mengerti. Tetapi, pastikan jadwal pemberian makannya selalu teratur. Pola makan teratur dan sehat yaitu lima kali dalam sehari, tiga kali untuk makanan utama dan dua kali untuk camilan. Secara tidak langsung si kecil sudah terbiasa dengan pola makan teratur yang dibiasakan oleh orang tua.

Selain itu, tambahkan juga dengan kebiasaan minum susu di pagi dan malam hari. Susu dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *