Inilah Ciri-ciri Kanker Serviks yang Wajib Anda Waspadai

Kanker serviks adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang ditakuti hampir seluruh wanita. Penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit mematikan karena sudah banyak penderitanya yang tidak tertolong karena menderita penyakit tersebut. Ada berbagai hal yang menyebabkan penyakit tersebut muncul. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menyerang sel-sel leher rahim atau serviks yang tidak normal serta perkembangannya terus serta tidak bisa dikendalikan.

Penyakit ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Dan sebagian orang akan menyadari saat penyakit tersebut sudah berada pada tahap stadium lanjut. Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan secara rutin akan membantu Anda untuk melakukan pencegahan dini dari bahaya penyakit tersebut serta apabila sudah adanya gejala penyakitnya Anda bisa mendapatkan pengobatan dengan tepat.

Ada beberapa ciri-ciri kanker serviks yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Berikut adalah ciri-cirinya:

  • Terjadinya pendarahan di vagina secara berlebihan

Kejadian ini akan muncul saat wanita mengalami penyakit tersebut. Pendarahan akan terjadi lebih banyak atau juga ada yang lebih sedikit dan dapat terjadi pada saat wanita pada masa periode menstruasi.

  • Keputihan yang tidak wajar

Ciri selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah munculnya keputihan yang tidak biasa. Keputihan tersebut muncul berupa lendir yang mengalami perubahan warna serta bau yang tidak enak. Akan tetapi kondisi ini juga bisa saja disebabkan oleh penyakit lain, oleh karena segeralah konsultasi dengan dokter.

  • Muncul rasa nyeri ketika berhubungan intim

Ketika kanker sudah berada pada stadium akhir, muncul rasa nyeri pada panggul saat berhubungan intim. Oleh karena itu, segeralah periksa ke dokter apabila Anda merasakan gejala tersebut.

  • Buang air kecil meningkat

Sel kanker yang sudah tumbuh dan mengelilingi leher rahim akan menyebar dan sampai pada kandung kemih. Sehingga akan berakibat pada frekuensi buang air kecil Anda semakin meningkat.

  • Muncul bercak darah pada urine serta feses yang keluar dari vagina

Feses yang keluar dari vagina sebagai akibat dari kebocoran urine sebagai akibat dari fistula antara vagina dan saluran kemih, sehingga feses bisa keluar melewati vagina.

Ciri-ciri di atas juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit lain yang bersarang di dalam tubuh Anda. Apabila saat ini Anda sudah bersuami dan aktif berhubungan seksual, akan lebih baik apabila Anda melakukan pemeriksaan untuk pencegahan dini dari bahaya penyakit kanker yang menyerang leher rahim wanita. Setidaknya lakukan pemeriksaan tiga sampai dengan lima tahun sekali atau sesuaikan dengan saran dokter.

Dengan mengetahui ciri-ciri di atas Anda akan semakin mudah untuk mendeteksi adanya kanker tersebut. Jagalah pola makan Anda serta lakukan hubungan seks yang lebih sehat. Selain itu juga jangan lupa untuk menjaga kebersihan organ intim Anda, gantilah celana dalam 4 kali dalam sehari. Atau jika sudah basah segera ganti celana dalam Anda. Gunakan sabun cuci alat kelamin yang aman dan direkomendasikan oleh dokter.

Mampu untuk mendeteksi adanya kanker serviks sejak dini akan membantu Anda untuk mencegah semakin buruknya keadaan yang muncul akibat penyakit tersebut. Oleh karena itu, semakin dini kanker tersebut terdeteksi maka semakin tinggi pula harapan atau kesempatan untuk bisa sembuh dari bahaya penyakit tersebut. Hal penting yang juga perlu Anda lakukan yaitu lakukan vaksinasi HPV yang berguna untuk mencegah penyebaran virus kanker tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *