Rumah Indonesia Sehat: Cara Hidup Sehat untuk Penderita Diabetes dan Asma

Rumah Indonesia sehat merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan umum untuk penderita. Terdapat dua penyakit yang banyak terjadi di Indonesia adalah diabetes dan asma. Kedua penyakit ini dikenal cukup mematikan dan sulit disembuhkan jika tidak memiliki pola hidup sehat. Oleh karena itu pola hidup sehat perlu diterapkan oleh penderita diabetes dan asma sehingga akan mendukung pengobatan medis yang dilakukan.

Berikut adalah pola hidup untuk penderita diabetes diantaranya:

  • Makan sehat dengan menghindari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat maupun gula seperti susu kental manis dan madu, untuk itu pilih karbohidrat yang mengandung serat seperti roti gandum dan nasi merah, dapat juga mengonsumsi makanan gula dengan porsi kecil serta menghindari makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh, serta mengurangi makanan tinggi garam dan natrium.
  • Mengonsumsi karbohidrat dengan kuantitas 60% dari kalori, protein sebesar 15% dari kalori seutuhnya, lemak dengan kuantitas 25% dari kebutuhan kalori dan 25 gram serat setiap harinya sehingga akan menjaga kebutuhan, berat badan dan kesehatan.
  • Sebaiknya memiliki cemilan yang enak seperti buah dengan kandungan tinggi serat, dapat mengonsumsi kacang kedelai yang memiliki indeks glikemik rendah, kacang kedelai merupakan diet untuk dapat meningkatkan pengontrolan gula darah maupun insulin pada tubuh.

Selain itu, penderita juga dapat memanfaatkan gadget secara pintar untuk dapat mengunduh aplikasi yang digunakan dalam merencanakan menu makan sehat setiap hari dan pengingat untuk olahraga. Gunakan alas kaki yang tepat seperti menggunakan alasan kaki tebal dan punggung kaki tertutup jika berada diluar ruangan. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki kadar gula darah tinggi akan membuat luka yang timbul akan sulit disembuhkan.

Untuk penderita diabetes dapat melakukan jalan cepat untuk membantu aktifitas dan kecepatannya sebagai latihan aerobik untuk dapat memberikan denyut jantung yang membantu aliran darah lancar. Tai chi dengan gerakan halus dan lambat dengan fungsi sebagai pikiran dan tubuh dan membantu kesehatan mental, mengurangi kerusakan pada saraf dan menjaga komplikasi diabetes. Dapat juga melakukan yoga untuk dapat menjaga keseimbangan, kelenturan, kekuatan dan melawan terjadinya resistensi insulin dan mampu meningkatkan massa otot. Bersepeda merupakan olahraga yang dapat dilakukan untuk mampu meningkatkan fungsi paru dan membakar kalori sehingga menjaga berat badan, untuk menjauhi cedera maka dapat memiliki olahraga dengan sepeda statis.

Berikut adalah pola hidup sehat untuk penderita asma diantaranya:

  • Meminta obat dari resep dokter sehingga akan membantu penderita mendapatkan informasi untuk penyembuhan yang tepat.
  • Sebaiknya tidak hanya mengandalkan dokter tetapi dengan mengenali petunjuk dari asma.
  • Bentuk tim penanganan asma dari tim kesehatan dan pusat spesialis asma akan menjadi layanan edukasi yang tidak tersedia pada pusat kesehatan biasa.
  • Merubah gaya hidup dengan tidak merokok, rajin berolahraga, mengendalikan asma.
  • Sebaiknya mengikutsertakan keluarga dalam memberikan dukung keluarga dengan cara menjaga dan membantu penderita.
  • Sebaiknya tidak membiarkan penyakit menjadi stres dan beban.

Rumah Indonesia sehat menyarankan penderita asma menghindari makanan dengan pengawet buatan, pewarna dan perasa serta makanan fermentasi yang memiliki kandungan sulfit. Penderita asma juga perlu menghindari makanan yang digoreng dan memiliki lemak penghambat cara kerja obat yang dikonsumsi. Makanan penderita asma tidak boleh dalam porsi besar karena akan menghambat sistem pencernaan dan meningkatkan penderita mengalami tersedak oleh makanan tersebut.

 

 

Tagged :