CDN adalah Pelopor dalam Mengelola Website: Apakah Valid?

Menggunakan website untuk memberi informasi tentang perusahaan atau brand akan menguntungkan. Seperti halnya produk SD-WAN yang dapat menghubungkan satu cabang ke cabang lain, mendistribusikan konten di dalam website membutuhkan bantuan. CDN adalah bantuan paling tepat untuk mengelola website.

Apa CDN itu? Apakah CDN adalah pengelola website yang baik? Mari kita pelajari kegunaannya di bawah ini.

Pengertian CDN

Content Delivery Network merupakan sekumpulan server yang mengisi berbagai lokasi dengan tujuan untuk menyebar konten website ke beberapa daerah. Server ini biasa disebut dengan distribution network atau jaringan distribusi.
Fungsi utama dari jaringan distribusi ini adalah untuk memberi points of presents dari server utama. Ketika sebuah website memiliki terlalu banyak pengunjung, maka traffic website tersebut dapat mengalami kemacetan. Untuk menangkal masalah ini, pemilik website dapat menggunakan jaringan distribusi.
Dengan demikian setiap pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengakses website. Penggunaan CDN adalah pilihan tepat sebab Anda dapat mengurangi banyaknya penggunaan bandwidth, mempercepat halaman yang sedang memuat konten, hingga memberi akses pada setiap pengguna.

Kelebihan CDN

Jaringan distribusi ini akan lebih bermanfaat bagi Anda yang ingin memperluas jaringan. Terutama bagi mereka yang memiliki banyak cabang. Selain itu ada tiga kelebihan lain yang jaringan distribusi ini berikan, berikut penjelasannya.

1. Mempercepat Akses Website

Masalah yang paling sering pengguna website rasakan adalah lamanya waktu untuk mengakses konten. Terutama saat ada banyak pengunjung di dalam website tersebut. Saat itu terjadi, maka proses mengirimkan informasi dari satu pengguna menuju sumber akan memakan waktu cukup lama.
Kendati demikian, Anda dapat menyelesaikan lama akses website dengan menggunakan jaringan distribusi. Ia akan memangkas durasi akses website dengan baik sehingga setiap pengguna dapat menikmati website tanpa ada kendala.

2. CDN Membantu Mengamankan Website

Website adalah satu hal vital yang brand atau perusahaan miliki, setiap informasi akan disebar di sana. Apabila Anda kurang menjaga website, maka peretas mudah masuk dan dapat mengambil data.

CDN akan membantu Anda dalam mengamankan setiap data inti dengan cara memperbarui sertifikat SSL dan TSL sehingga standar enkripsi dan otentikasi website lebih tinggi dan aman.

3. Mengelola Konten di Website Lebih Mudah

Tingginya pengunjung dapat menambah beban ke server sehingga website menjadi down. Namun dengan menggunakan jaringan distribusi, maka Anda dapat mengantisipasi permasalahan ini sehingga setiap konten akan tersebar di setiap server jaringan. Semakin banyak server maka semakin ringan kerja website.

CDN Terbukti Paling Valid dalam Mengelola Website!
Memberikan yang terbaik untuk para pelanggan dan pengguna adalah salah satu hal yang harus Anda berikan sebagai pemilik brand atau perusahaan. Dengan CDN, Anda dapat menaikkan kinerja website sehingga reputasi yang Anda dapat akan jadi lebih baik. Yuk, pakai CDN sekarang juga!

Tagged :